Pertumbuhan Ekonomi Lengkap Dan Terbaru I Makalah Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Lengkap

Pertumbuhan Ekonomi

Makalah pertumbuhan ekonomi. makalah pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. pengertian pertumbuhan ekonomi. indikator pertumbuhan ekonomi. pendapatan nasional riil. pendapatan riil perkapita. kesejahteraan penduduk. indikator untuk menilai pertumbuhan ekonomi sutu negara. tenaga kerja dan pengangguran. teori pertumbuhan ekonomi. friedrich list. karl bucher. werner sombart. w w rostow. bruno hilderbrand. teori pertumbuhan ekonomi menurut bruno hilderbrand. teori pertumbuhan ekonomi menurut w. w. rostow. teori pertumbuhan perekonomian menurut werner sombart. teori perekonomian menurut karl bucher. teori perekonomian menurut freidrich list.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

            Menururt Simon Kuznets, pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang dari Negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang ekonomi bagi penduduknya. Kenaikan kapasitas itu sendiri ditentukan atau dimungkinkan oleh adanya kemajuan atau penyesuaian-penyesuaian teknologi, kelembagaan, dan ideologis terhadap berbagai tuntutan keadaan yang ada.
Dari definisi tersebut berarti ada tiga komponen pokok dalam pertumbuhan ekonomi yaitu sebagai berikut.
a.      Kenaikan output secara berkesinambungan merupakan perwujudan dan pertumbuhan ekonomi, sedangkan kemampuan menyediakan berbagai jenis barang itu sendiri merupakan tanda kematangan ekonomi di suatu Negara.
b.      Perkembangan teknologi merupakan dasar atau prakondisi bagi berlangsungnya pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan.
c.       Untuk mewujudkan potensi pertumbuhan yang terkandung didalam teknologi baru, perlu diadakan serangkaian penyesuaian kelembagaan, sikap dan ideologi. Inovasi dalam bidang teknologi harus dibarengi dengan inovasi dalam bidang social.

Indikator Pertumbuhan Ekonomi

            Setiap warga Negara akan selalu berusaha untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang optimal untuk membawa nama bangsanya kepada kehidupan yang lebih baik. Setiap pemerintahan akan mengukur keberhasilan perekonomian negarangnya dengan berbagai metode atau indikator yang paling representatif terhadap perubahan perekonomiannya.

Berikut beberapa indikator untuk menilai pertumbuhan ekonomi.

a.    Pendapatan Nasional Riil

Indikator utama yang umum digunakan di berbagai Negara untuk menilai pertumbuhan ekonomi adalah perubahan pendapatan nasional riil dalam jangka waktu panjang. Pendapatan  nasional riil menunjukan output secara keseluruhan dari barang-barang jadi dan jasa suatu Negara. Suatu Negara dikatakan tumbuh ekonominya jika pendapatan nasional riil nya naik dari periode sebelumnya. Tingkat pertumbuhan ekonomi dihitung dari pertambahan pendapatan nasional riil yaitu produk nasional bruto riil yang berlaku dari tahun ke tahun.

Contoh soal

Jika tahun 2013 prodeuk nasional bruto riil bernilai Rp150 triliun dan pada tahun 2014 menjadi Rp160 triliun, berapa tingkat pertumbuhan ekonomi Negara tersebut pada tahun 2014 ?
Jawaban :
Tingkat pertumbuhan ekonomi tahun 2014 = (160 – 150) : 150 x 100% = 6,67%
Jadi, tinkat pertumbuhan ekonomi Negara tersebut pada tahun 2014 sebesar 6,67%

b.    Pendapatan Riil Perkapita

Indikator kedua yang dapat digunakan untuk menilai pertumbuhan ekonomi adalah pendapatan riil per kapita dalam jangka panjang. Ekonomi suatu Negara dikatakan tumbuh jika pendapatan masyarakatnya meningkat dari waktu ke waktu.

c.     Kesejahteraan Penduduk

Indikator ketia yang juga digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi adalah nilai kesejahteraan penduduknya. Terjadi peningkatan kesejahteraan material yang terus-menerus dan berjangka panjang. Hal ini dapat ditinjau dari kelancaran distribusi barang dan jasa. Distribusi yang lancar menunjukkan distribusi pendapatan per kapita pada seluruh iwlayah Negara. Peningkatan kesejahteraan terjadi secara merata pada seluruh kawasan.

d.    Tenaga Kerja Dan Pengangguran

Indikator keempat yang dapat digunakan untuk menilai pertumbuhan ekonomi adalah jumlah tenaga kerja dan tingkat pengangguran. Pengangguran merupakan selisih antara angkatan kerja dengan penggunaan tenaga kerja yang sebenarnya. Angkatan kerja adalah jumlah tenaga kerja yang terdapat dalam suatu perekonomian pada suatu waktu tertentu. Suatu Negara dipandang sudah mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja penuh atau kesempatan kerja penuh apabila tingkat penganggurann kurang dari empat persen.

Teori Pertumbuhan Ekonomi

1.    Freidrich List

Georg Friedrich List adalah seorang ahli eknonom terkemuka kelahiran jerman, 6 Agustus 1789 yang mengembangkan “National System” atau yang sekarang dikenal dengan istilah “National System of Innovation”. List adalah pendiri Historical School of Economics, dan merupakan perumus konsep European Economic Community
Teori pertumbuhan ekonomi menurut Freisrich List :
-          Masa berburu dan mnegembara
-          Masa bertani dan berternak
-          Masa kerajinan
-          Masa kerajinan, industry, dan perdagangan internasional

2.    Karl Bucher

-          Masa rumah tangga tertutup
-          Masa rumah tangga kota
-          Masa rumah bangsa tangga
-          Masa rumah tangga dunia

3.    Werner Sombart

-          Zaman prakapitalis
-          Zaman kapitalis madya
-          Zaman kapitalis raya
-          Zaman kapitalis akhir

4.    W. W. Rostow

-          Masa tradisional
-          Masa prasyarat lepas landas
-          Masa lepas landas
-          Masa perekonomian matang
-          Masa ekonomi tinggi
5.    Bruno Hildebrand
-          Masa barter
-          Masa pertukaran uang
-          Masa pertukaran kredit

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »