Teknik Dasar dan Cara Bermain Bola Voli Beserta Peraturannya Lengkap

Teknik Dasar dan Cara Bermain Bola Voli Beserta Peraturannya Lengkap

Assalamuallaikum teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang voli, cara bermain bola voli, peraturan bermain bola voli, teknik dasar bola voli, teknik dasar dan cara bermain bola voli beserta peraturannya lengkap, cara bermain bola voli singkat, sejarah permainan bola voli, sejarah voli, pengertian olahraga voli, cara servis atas dalam voli, cara servis bawah dalam bola voli, cara sevis samping dalam bola voli, jenis-jenis servis dalam voli, cara melakukan passing atas dalam voli, cara melakukan passing bawah dalam voli, cara melakukan smash dalam voli, apa itu smash dalam voli, cara melakukan block dalam voli, cara melakukan bendungan dalam voli, apa itu teknik block pada voli.

Semoga bermanfaat.

Permainan bola voli termasuk sebagai salah satu mainan bola besar. Untuk dapat bermain bola vli dengan baik terdapat beberapa keterampilan yang harus dikuasai. Seseorang mungkin akan memiliki spesialisasi pada satu keterampilan sehingga ia menjadi ahli pada keterampilan tersebut, misalnya sangat mahir dalam keterampilan smash, block, atau keterampilan yang lain. Namun, dalam sebuah permainan seseorang harus dapat melakukan semua keterampilan. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua pemain untuk menguasai semua keterampilan dasar dalam permainan.
kali ini kita akan membahas tentang voli, cara bermain bola voli, peraturan bermain bola voli, teknik dasar bola voli, teknik dasar dan cara bermain bola voli beserta peraturannya lengkap, cara bermain bola voli singkat, sejarah permainan bola voli, sejarah voli, pengertian olahraga voli, cara servis atas dalam voli, cara servis bawah dalam bola voli, cara sevis samping dalam bola voli, jenis-jenis servis dalam voli, cara melakukan passing atas dalam voli, cara melakukan passing bawah dalam voli, cara melakukan smash dalam voli, apa itu smash dalam voli, cara melakukan block dalam voli, cara melakukan bendungan dalam voli, apa itu teknik block pada voli.


Permainan bola voli meruakan salah satu permainan yang menggunakan bola besar dan dilakukan secara beregu. Terdapat dua tim yang bertanding dalam sebuah permainan dengan jumlah anggota tiap tim adalah enam orang. Keterampilan gerak dalam permainan bola voli adalah cara servis (tangan bawah dan tangan atas), cara passing atas dan bawah , cara smash, serta block/bendungan (tunggal dan berkawan).

CARA SERVIS PADA BOLA VOLI

 Servis merupakan suatu upaya seorang pemain untuk menyebrangkan bola melewati atas net dari luar garis beakang lapangan dan merupakan awal dari suatu serangan. Servis dapat dilakukan dari atas maupun bawah.

Langkah-langkah atau cara melakukan teknik servis dalam permainan voli.

a. Servis Atas

Cara melakukan servis atas :
1. Berdiri tegap dengan posisi melangkah menghadap jaring.
2. Lambungkan bola lurus ke atas menggunakan tangan kiri kurang lebih 60 cm di atas depan kepala dan pandangan dipusatkan pada bola.
3. Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, kemudian ke depan secara serentak.
4. Pukul bola menggunakan telapak tangan.
5. Gerakan lanjutan ke depan bagi tangan yang memukul diikuti dengan melangkahkan kaki yang berada di belakang.

Adakalanya pemain tidak berhasil melakukan servis atas karena adanya beberapa kesalahan, yaitu sikap badan kaku, kedua kaki sejajar dan tidak membuka, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

b. Servis bawah

Cara melakukan servis bawah :
1. Berdiri agak membungkuk dengan posisi kaki melangkah menghadap jaring net
2. Tangan kiri memegang bola di bawah depan badan dan badan sedikit bungkuk
3. Lambungkan bola menggunakan tangan kiri kurang lebih setinggi 30 cm, bersamaan dengan itu tangan kanan memukul dengan gerakan mengayun dari belakang bawah ke depan hingga bola melayang melewati atas net/jaring.

Adakalanya pemain tidak berhasil melakukan servis baah karena adanya beberapa kesalahan, yaitu sikap badan kaku, kedua kaki sejajar dan tidak ditekuk, badan kurang membungkk, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

c. Servis Menyamping

Cara melakukan servis menyamping :
1. Posisi berdiri kedua kaki sedikit dibuka menyamping ke arah net/jaring
2. Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan siap untuk memukul
3. Lambungkan bola ke atas oleh tangan kiri di atas bahu, bersamaan dengan gerakan itu ayunkan lengan/tangan yang akan memukul
4. Pukul dari samping ke belakang dengan telapak tangan terbuka mengarah ke bola
5. Setelah melakukan servis dilanjutkan dengan gerak lanjut dari tangan pukul yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya

Kegagalan dalam melakukan servis menyamping biasanya dikarenakan sikap badan kaku, kedua kaki tidak sejajar, badan tidak menyamping, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun, dan tidak diikuti gerakan lanjutan.

CARA PASSING PADA BOLA VOLI

Passing merupakan gerakan menerima bola dari lawan. Berikut adalah cara-cara passing.

a. Passing Atas

Cara melakukan passing atas :
1. Berdiri seimbang dengan tumpuan kedua kaki dan salah satu kaki di depan
2. Pandangan diarahkan pada bola dan badan sedikit condong ke depan
3. Kedua tangan terbuka di atas depan kepala dengan siku bengkok ke samping
4. Dorong bola ke atas dengan menggunakan pangkal jari-jari tangan diikuti dengan gerakan meluruskan kedua siku dan kedua lutut sehingga badan lurus
5. Sikap akhir merupakan gerak lanjut dari kedua lngan diikuti oleh anggota tubuh lainnya

Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat melakukan passing atas adalah sikap badan kaku, berdiri tidak seimbang karena kedua kaki tidak dibuka dan sejajar, lutut tidak ditekuk, kedua lengan tidak berada di atas depan kepala, perkenaan bola tidak pada jari-jari tangan, dorongan tidak bersamaan pada saar meluruskan siku dan lutut, serta tidak diikuti gerak lanjutan.

b. Passing Bawah

Cara melakukan passing bawah :
1. Berdiri seimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong ke depan
2. Kedua lengan dirapatkan dan lurus ke depan bawah
3. Ayunkan kedua lengan secara bersama-sama lurus ke atas depan bersamaan dengan meluruskan kedua lutut
4. Perkenan pada kedua tangan
5. Sikap akhir adanya gerak lanjut dari lengan yang diikuti anggota tubuh lainnya

Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat melakukan passing bawah adalah sikap badan kaku, berdiri tidak seimbang karena kedua kaki tidak dibuka, lutut tidak ditekuk, kedua lengan kurang rapat, ayunan lengan dan meluruskan lutut tidak bersamaan, perkenaan bola tidak pada kedua tangan, serta tidak diikuti gerak lanjutan.

CARA MELAKUKAN SMASH PADA BOLA VOLI

Smash merupakan suatu usaha memukul bola untuk melakukan serangan keras yang ditujukan pada pertahanan lawan. Berikut adalah cara-cara atau langkah-langkah melakukan smash pada permainan bola voli.
1. Berdiri menghadap net/jaring dengan jarak 2-3 langkah
2. Ambil awalan dengan langkah lebar dan datar, kemudian kedua lengan diayunkan ke belakang dan pandangan tertuju ke arah bola
3. Lakukan tolakan dengan menekuk kedua lutut, kemudian lanjutkan dengan loncatan
4. Ayunkan lengan yang akan memukul ke depan dan punggung melenting ke belakang
5. Bola dipukul dengan lengan terjulur, telapak tangan terbuka, dan menaungi bola dengan melecutkan pergelangan tangan
6. Lakukan pendaratan dengan menapakkan kedua kaki secara bersamaan dan lutut mengeper

Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan sehingga smash tidak dapat dilakukan dengan baik adalah sikap badan kaku, berdiri terlalu dekat dengan net/jaring , awalan langkah terlalu banyak dan lebar, tolakan tidak menekuk lutut dan lengan tidak terayun ke depan pada saat akan memukul bola, serta pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper

CARA MELAKUKAN BENDUNGAN ATAU BLOCK PADA BOLA VOLI

Bendungan dalam permianan bola voli sering disebut dengan istilah block. Block yaitu upaya menggagalkan serangan (smash) dari pihak lawan dengan cara membendung bola di atas jaring sambil meloncat. Blocking dapat dibedakan menjadi blocking tangan aktif dan pasif. Dalam sebuah permainan, blocking dapat dilakukan oleh satu orang, dua orang, atau tiga orang. Hal tersebut bergantung pada kuat atau tidaknya serangan (smash) dari lawan. Untuk dapat memenangkan pertandingan, sebuah tim harus dapat bekerja sama dengan baik. Apabila sebuah smash terlalu kuat dan salah satu pemain berusaha melakukan blocking tetapi belum berhasil, pemain yang lain harus bisa bergerak cepat dan tepat untuk melanjutkan blocking.

Beberapa hal yang terkadang menimbulkan kesalahan pada saat melakukan blocking adalah sikap badan kaku, berdiri tidak menghadap net/jaring, awalan loncat kurang maksimal karena tolakan tidak menekuk lutut, kedua tangan tidak berada di atas depan, kedua tangan kurang dijulurkan melewati net/jaring, dan pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »