Contoh Teks Cerita Sejarah Bahasa Indonesia : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Contoh Teks Sejarah Beserta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Sejarah Bahasa Indonesia : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Contoh Teks Sejarah Lengkap

Assalamuallaikum teman-teman. Kali ini kita akan bahas tentang teks cerita sejarah, pengertian teks cerita sejarah, struktur teks cerita sejarah, kaidah kebahasaan teks cerita sejarah, contoh teks cerita sejarah, contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya, contoh teks cerita sejarah singkat beserta strukturnya.

Pengertian Teks Cerita Sejarah


Assalamuallaikum teman-teman. Kali ini kita akan bahas tentang teks cerita sejarah, pengertian teks cerita sejarah, struktur teks cerita sejarah, kaidah kebahasaan teks cerita sejarah, contoh teks cerita sejarah, contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya. pengertian teks cerita sejarah Teks cerita sejarah merupakan teks yang didalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah. contoh teks cerita sejarah singkat beserta strukturnya
Teks cerita sejarah merupakan teks yang didalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Struktur Teks Cerita Sejarah 

  • Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
  • Urutan peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis.
  • Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Bagian ini merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis teks cerita sejarah.

 Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

  1. Nomina (kata benda)
  2. Frase urutan peristiwa
  3. Adverbia waktu lampau
  4. Konjungsi temporal
  5. Nominalisasi, contoh : reboisasi, normalisasi, sosialisasi

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

 Sejarah Singkat Bahasa Indonesia

Orientasi
Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional negara Indonesia, Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Bahasa Indonesia pada dasarnya berasal dari bahasa melayu, pada zaman dahulu lebih tepatnya pada zaman kerajaan sriwijaya  bahasa melayu banyak digunakan sebagai bahasa penghubung antar suku di plosok nusantara.

Urutan Peristiwa
Bahasa Melayu mulai dipakai di kawasan Asia Tenggara sejak abad ke 7. Buktinya ditemukan prasati di kedukan bukit karangka tahun 683 M (palembang), talang tuwo berangka ahun 684 M (Palembang), kota kapur berangka tahun 686 M (Bukit Barat) Karang birahi berangka tahun 688 M (Jambi) prasasti-prasasti itu bertuliskan hurus pranagari berbahasa melayu kuno.

Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai "Bahasa Persatuan Bangsa" pada sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Sesuai dengan butir ketiga ikrar sumpah pemuda yaitu "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia".

Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional atas usulan Muhammad Yamin dalam pidatonya pada Kongres Nasional Kedua di Jakarta.

Pada tahun 2008 dicanangkan sebagai tahun bahasa 2008. Oleh karena itu, sepanjang tahun 2008 telah diadakan kegiatan kebahasaan dan kesastraan.

Untuk peringatan 80 Tahun sumpah pemuda, diadakan kongres IX Bahasa Indonesia pada tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2008 di Jakarta. Kongres tersebut akan membahas lima hal utama, yakni bahasa Indonesia, bahasa daerah, penggunaan bahasa asing, pengajaran bahasa dan sastra, serta bahasa media massa.

Reorientasi
Pada peristiwa Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah mengukuhkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia secara konstitusional sebagai bahasa negara. Kini bahasa Indonesia dipakai oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia, baik ditingkat daerah maupun pusat.

Terimakasih teman-teman, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments