Makalah Bank : Pengertian, Asas, Fungsi, Prinsip, Tujuan, Jenis-Jenis Bank, Produk dan Jasa Bank

Bank : Pengertian, Asas, Fungsi, Prinsip, Tujuan, Jenis-Jenis, Produk dan Jasa Bank.


makalah tentang bank. materi bank kelas 10. pengertian bank. asas bank. fungsi bank. prinsip bank. tujuan bank. jenis-jenis bank. produk bank. jasa bank.. jenis bank berdasarkan fungsinya. jenis bank berdasarkan kepemilikannya. jenis bank berdasarkan badan hukum. jenis bank berdasarkan faktor kepemilikannya. kredit pasif. pengertian kredit pasif. pengertian giro. giro. deposit. oengertian deposit. sertifikat deposit. pengerian sertifikat deposit. tabungan pengertian tabungan. pengertian deposit on call. deposit on call. deposit automatic roll over. pengertian deposit automatic roll over. kredit aktif. pengertian kredit aktif. pengertian kredit rekening koran. pengertian kredit reimburs. pengertian kredit aksep pengertian kredit dokumenter.

Zaman sekarang tentu kita sudah tidak asing lagi dengan lembaga keuangan yang kita sebut bank. Dahulu bank merupakan tempat penyimpanan dan meminjam uang saja, sekarang kegunaan bank semakin berkembang. Masyarakat sering menggunakan untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan pekerjaan. Misalnya, untuk membayar listrik, telepon dan lain-lain. Sehingga masyarakat tidak perlu membayar secara langsung karena dengan mentransfer saja kita dapat melunasi berbagai macam tagihan tanpa harus mendatanginya.

Pengertian Bank

Secara etimologi kata bank berasal dari bahasa italia banque atau banca yang berarti bangku atau meja tempat menukarkan uang. Adapun pengertian bank yang lain sebagai berikut.
a.      Menurut Somari, bank adalah suatu badan yang berfungsi sebagai pengambil dan pemberi kredit, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
b.      Menurut UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang perbankan, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
c.       Menurut Prof. G. M. Verryn Stuart bahwa bank adalah suatu badan usaha yang bertujuan untuk memberikan kredit, baik dengan uang sendiri maupun uang yang dipinjam dari orang lain dan mengedarkan alat penukar berupa uang kertas dan uang giral.

Asas, Fungsi, Prinsip dan Tujuan Perbankan Indonesia

Fungsi utama bank di Indonesia adalah sebagai tempat menghimpun dana dari masyarakat, bank bertugas mengamankan uang tabungan dan deposito berjangka, serta simpanan dalam rekening Koran atau giro. Sebagai penyalur dana atau pemberi kredit, bank memberikan kredit bagi masyarakat yang membutuhkan terutama untuk usaha-usaha produktif. Bank juga berfungsi sebagai perantara lalu lintas moneter, seperti melakukan jasa pengiriman uang, wesel, cek, giro, inkaso, dan lain-lain.
Salah satu fungsi bank yaitu memberikan kredit kepada masyarakat, bukan berarti setiap kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi harus dipenuhi dengan cara meminjam uang ke bank.  Ini dapat mengakibatkan gaya hidup yang konsumtif. Kita harus selalu berpegang teguh pada skala prioritas kebutuhan. Sudahkah anda melakukannya ? untuk menghindari gaya hidup mewah dan agar tidak terjerat utang, kita harus saling mnegingatkan kepada teman-teman atau orang-orang terdekat kita.
Perbankan Indonesia dalam melakukan usahanya berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian (prudential principal). Adapun demokrasi ekonomi dilaksanakan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Adapun tujuan perbankan Indonesia yaitu menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak

Jenis-Jenis Bank

a.    Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya

1)      Bank sentral
2)      Bank umum
3)      Bank syariah
4)      Bank perkreditan rakyat

b.    Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya

1)      Bank pemerintah
2)      Bank swasta nasional
3)      Bank swasta asing
4)      Bank campuran

c.     Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Badan Hukum

1)      Bank yang berbada hokum erseroan terbatas (PT)
2)      Firma
3)      Koperasi
4)      Perusahaan perorangan

d.    Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Faktor Kepemilikan

1)      Bank pemerintah
2)      Bank swasta
3)      Bank campuran
4)      Bank milik pemerintah daerah

Produk dan Jasa Bank

a.    Produk Perbankan

1.     Kredit Pasif

Kredit pasif adalah aliran dana yang masuk ke bank. Bank sebagai penghimpun dana dari masyarakat dilakukan dengan cara-ara sebagai berikut.
a)      Giro (demand deposit) adalah simpanan yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek atau bilyet giro
b)      Deposito berjangka (time deposit) adalah sejumlah uang yang disimpanoleh nasabah di bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.
c)      Sertifikat deposito adalah bukti bahwa nasabah telah mendepositokan uang di bank.
d)      Tabungan adalah simpanan nasabah di bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
e)      Deposit on call adalah jenis tabungan tetap yang dapat diambil setelah ada pemberitahuan terlebih dahulu dari si penabung
f)       Deposit automatic roll over adalah deposito yang sudah jatuh tempo tetapi belum ditarik oleh deposan dan bunganya langsung diperhitungkan secara otomatis.

2.     Kredit Aktif

Kredit aktif adalah dana yang digunakan masyarakat untuk berbagai tujuan. Bank sebagai penyalur dana masyarakat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.
a)      Kredit rekening Koran (R/K) adalah kredit yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.
b)      Kredit reimburs (letter of credit) adalah kredit yang diberikan kepada nasabah atas pembelian barang yang dibayar terlebih dahulu oleh bank.
c)      Kredit aksep adalah pinjaan yang diberikan kepada nasabah dengan mengeluarkan wesel yang dapat diperdagangkan
d)      Kredit dokumenter adalah kredit yang dibeikan kepada nasabah atas jaminan dokumen yang diserahkan ke bank
e)      Kredit dengan jaminan surat-surat berharga adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah untuk membeli surat-surat berharga sekaligus surat-surat berharga tersebut berlaku sebagai jaminan.

b.    Jasa Perbankan

Berikut jasa pelayanan yang diberikan bank kepada masyarakat untuk menunjang usaha pokok perbankan.
1)      Jual beli valuta asing, bank dapat melakukan transaksi jual beli mata uang asing untuk memperoleh keuntungan.
2)      Save deposit box, yaitu kotak penyimpanan harga atau surat/dokumen penting yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khazanah yang kukuh dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan.
3)      Pengiriman/transfer uang, dapat dilaukan untuk rekening pada bank yang sama atau antarrekening di bank yang berbeda
4)      Pemberian jaminan, bank menjamin nasabahnya dalam melaksanakan suatu perjanjian atau transaksi
5)      Kartu kredit (credit card), bank menerbitkan kartu kredit untuk nasabah yang melakukan transaksi pembelian di sejumlah department store atau pembayaran jasa-jasa ke berbagai biro
6)      Cek perjalanan, berguna untuk memudahkan nasabah-nasabah mebiayai transaksi selama dalam perjalanan.
7)      Inkaso, bank menagih surat utang atas nama nasabahnya dari pihak lain
8)      ATM, untuk memberi kemudahan kepada nasabah dalam penarikan uang tunai
9)      Kartu debit, dapat digunakan untuk berbelanja tanpa uang tunai. Kartu debit langsung mendebet rekening di bank
10)  Diskonto, masyarakat memberi atau menjual surat-surat berharga yang dijamin oleh bank.
11)  Bank garansi adalah agunan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima agunan, apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya
12)  Electronic banking atau e-banking, bank menyediakan layanan electronic banking atau e-banking untuk memenuhi kebutuhan anda akan media alternatif untuk lakukan transaksi perbankan, selain yang tersedia di kantor cabang dan ATM. Dengan e-banking, anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk antre di kantor-kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi erbankan dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun dengan mudah dan praktis melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone dan telepon.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »