Tuntutan Reformasi 1998

Tuntutan Reformasi

         
tuntutan reformasi. makalah tuntutan reformasi. pengertian tuntutan reformasi. pengertian reformasi. penjelasan 6 agenda reformasi. tuntutan reformasi 21 mei 1998. tuntutan reformasi 1998 pdf. makalah tentang 6 tuntutan reformasi. uraikan fokus gerakan reformasi di bidang hukum. apa saja perubahan yang terjadi dalam uud 1945 sebelum dan sesudah reformasi.
          Reformasi yaitu gerakan untuk mengubah bentuk atau perilaku suatu tatanan, karena tatanan tersebut tidak lagi sesuai dengan kebutuhan zaman, baik karena tidak efisien maupun tidak bersih dan tidak demokratis. Reformasi merupakan formulasi menuju Indonesia baru dengan tatanan baru. Hasil dari perjuangan reformasi tidak dapat dipetik dalam waktu yang singkat tetapi membutuhkan proses dan waktu. Bahkan hasil reformasi tersebut baru dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara bertahap sehingga perlu adanya agenda reformasi untuk memprioritaskan mana yang harus lebih dahulu dilaksanakan. Kontrol terhadap reformasi perlu dilakukan, agar pelaksanaan reformasi tepat pada tujuan dan sasarannya karena reformasi yang tidak terkendali akan kehilangan arah dan bahkan cenderung melanggar norma-norma hukum sehingga tidak membawa perbaikan dalam kehidupan masa depan masyarakat Indonesia.
Reformasi merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Lahirnya reformasi karena pemerintah Orde Baru menjalankan pemerintahannya secara otoriter dan sentralistik yang tidak memberikan ruang demokrasi dan kebebasan rakyat berpatisipasi penuh dalam proses pembangunan.
Reformasi merupakan suatu perubahan atanan peri kehidupan lama dnegan tatanan kehidupan yang baru menuju kea rah perbaikan. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia tahun 1998 merupakan suatu gerakan untuk mengadakan pembaruan dan perubahan terutama perbaikan dalam bidang politik, sosial, ekonomi, dan hukum
Munculnya reformasi di Indonesia disebabkan beberapa hal berikut.
a.      Timbulnya krisis politik, krisis sosial,krisis ekonomi dan kepercayaan.
b.      Ketidakadilan di bidang politik, ekonomi, dan hukum
c.       terjadinya penyimpangan dan penyelewengan terhadap nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 yang direkayasa untuk melindungi kepentingan penguasa.
d.      pemerintah Orde Baru tidak konsisten dan konsekuen terhadap tekad awal, yaitu melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dalam tatanan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.
e.      munculnya keinginan untuk tetap mempertahankan kekuasaannya (status quo)

Ada juga faktor lain yang mendorong terjadinya gerakan reformasi di Indonesia tahun 1998.
a.      Faktor politik, meliputi sebagai berikut.
1.      mahasiswa menginginkan perubahan
2.      kekuasaan orde baru di bawah Soeharto otoriter tertutup
3.      adanya KKN dalam kehidupan pemerintahan
4.      adanya rasa tidak percaya kepada pemerintah Orde Baru yang penuh dengan nepotisme dan merajalela korupsi.
5.      adanya keinginan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
b.      Faktor ekonomi, meliputi sebagai berikut.
1.      adanya krisis mata uang rupiah
2.      naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok
3.      sulitnya mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok
c.       Faktor sosial masyarakat, seperti adanya kerusuhan pada tanggal 13 dan 14 Mei 1998 yang melumpuhkan perekonomian rakyat.
d.      Faktor hukum, belum adanya keadilan dalam perlakuan hukum yang sama di antara warga Negara.

Adanya tuntutan yang dilakukan para mahasiswa menggambarkan sebuah titik kulminasi dari gerakan aksi protes yang tumbuh di lingkungan kampus secara nasional sejak awal tahun 1998. Gerakan aksi protes tersebut bertujuan untuk melakukan tekanan agar pemerintah mengadakan perubahan politik yang berarti  melalui pelaksanaan reformasi secara total.

Mahasiswa merupakan salah satu kelompok sosial masyarakat yang paling vokal dalam menyuarakan perbaikan struktur pemerintahan pada saat itu. Mahasiswa mulai menyusun strategi untuk memberikan feedback terhadap kelemahan sistem pemerintahan dengan menggelar berbagai aksi demonstrasi. Kemudian mahasiswa menyusun agenda reformasi yang ditujukan oleh pemerintah Orde Baru. Berikut agenda reformasi tahun 1998.
i.                    Suksesi kepemimpinan nasional
ii.                  Amandemen UUD 1945
iii.                Pemberantasan KKN
iv.                 Pengahapusan dwifungsi ABRI
v.                   Penegakan supremasi hukum
vi.                 Pelaksaan otonomi daerah yang seluas-luasnya.
vii.               dan agenda utama gerakan reformasi taun 1998 adalah turunnya Soeharto dari jabatanpresiden

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »